Langsung ke konten utama

TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI UNTUK PEMBELAJARAN


Selasa,

 Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk Pembelajaran dan Pengembangan Diri

Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) mencangkup dua hal yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Seperti yang sudah kita bahas di atas, teknologi informasi secara umum yaitu penggunaan sistem perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) dengan menggabungkan komputer dengan jalur komunikasi untuk mengelola dan menyampaikan informasi. Sedangkan teknologi komunikasi adalah suatu hardware atau perangkat keras dalam sebuah struktur yang digunakan untuk pertukaran informasi, tanda, dan data.

Teknologi informasi dan komunikasi atau sering disebut dengan kata TIK merupakan segala kegiatan yang berkaitan dengan pemrosesan, pengelolaan, dan penyampaian atau pemindahan informasi antar media. Adapun pengertian teknologi informasi dan komunikasi menurut para ahli yaitu :

Menurut Susanto, teknologi informasi dan komunikasi atau TIK adalah sebuah media atau alat bantu yang digunakan untuk mentransfer data baik itu untuk memperoleh suatu data atau informasi maupun memberikan informasi kepada orang lain serta dapat digunakan untuk alat berkomunikasi baik satu arah ataupun dua arah 

Menurut Eric Deeson, Harper Vollins Publishers, teknologi informasi (TI) penanganan informasi dengan sarana listrik dan elektronik (mikroelektronika) merupakan suatu kebutuhan manusia didalam mengambil dan memindahkan, mengolah, dan memproses informasi dalam konteks sosial yang menguntungkan diri sendiri dan masyarakat keseluruhan.


 Fungsi Teknologi Informasi dan Komunikasi

Secara umum fungsi TIK atau teknologi informasi dan komunikasi ada 3 yaitu :

1.       Teknologi berfungsi sebagai alat (tools)

    Yang dimaksud dengan teknologi sebagai alat yaitu teknologi berperan dalam pertukaran data, informasi, membuat data grafik, menghitung angka, mendesain, dll. Yang bisa digunakan oleh semua kalangan khususnya kamu yang masih mengenyam bangku sekolah. Di masa pandemi ini pasti kita menggunakan kecanggihan teknologi yang ada, sebagai alat untuk mengerjakan tugas dan lain lain.

2.       Teknologi berfungsi sebagai ilmu pengetahuan (science)

       Kecanggihan media sosial ataupun internet khususnya “google” sudah mandarah daging di kalangan umum. Teknologi tersebut bisa digunakan untuk mencari pengetahuan di seluruh dunia, mulai dari pengetahuan umum, mata pelajaran disekolah, informasi entertainment, dll. Tetapi dengan catatan bijak dalam menggunakan internet.

3.       Teknologi sebagai bahan dan alat bantu untuk pembelajaran (literacy)

    Teknologi sebagai bahan dan alat bantu untuk pembelajaran yaitu sebagai contoh seperti pembelajaran jarak jauh karena faktor pandemi. Pembelajaran ini menggunakan ponsel/PC yang digunakan di rumah masing-masing. Dengan teknologi yang ada memungkinkan para siswa/siswi dan guru untuk melakukan pembelajaran.

Manfaat Teknologi Informasi dan Komunikasi Bagi Guru

Pertama dengan menggunakan teknologi maka guru akan sangat terbantu dalam menjalankan tugasnya dalam mengajar. Pembelajaran mereka akan lebih menarik sehingga akan dapat menumbuhkan motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran dari guru. Gambar dan animasi materi pelajaran akan membuat siswa lebih mudah untuk memahami dan lebih tertarik untuk lebih mendalami materi. Teknologi informasi dan komunikasi juga membantu guru dalam menguasai media supaya dapat memperjelas penyajian materi yang di sampaikan ,membangkitkan motivasi dan minat siswa sehingga dapat mempelancar proses dan hasil belajar. Pemanfaatan media ini membuat guru tidak monoton, sehingga memudahkan guru untuk menjelaskan suatu materi dari A sampai Z, dan juga membuat pembelajaran menjadi lebih menarik.

Kedua, penggunaan teknologi informasi dan komunikasi memudahkan guru untuk menggali informasi lebih dalam tentang materi pelajaran yang disampaikan. Dengan menguasai teknologi informasi dan komunikasi guru akan mudah dalam mengembangkan bahan ajarnya melalui internet. Guru dapat menggunakan internet untuk mencari materi pelajaran yang akan di ajarkan dan juga mengembangkan bahan ajarnya. 

Ketiga, dengan teknologi informasi dan komunikasi yang dimanfaatkan guru dalam mengajarakan memberikan motivasi kepada siswa untuk belajar dan menciptakan kelas yang kondusif dan terkontrol, sehingga guru menyampaikan materi dengan nyaman.

Keempat, Dengan teknologi informasi dan komunikasi guru akan lebih pandai memilih media yang cocok untuk mata pelajaran tersebut dan guru akan mudah mendesain pembelajaran supaya pembelajaran lebih efektif dan efisien dan mudah difahami. agar pembelajaran menyenangkan guru harus bias mengemas materi agar lebih mudah dipahami siswa, menggunakan metode pembelajaran yang dapat menarik perhatian siswa dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar, menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan materi untuk menarik perhatian siswa dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar, maka disinilah pentingnya TIK bagi guru supaya bias mendasain pembelajaran dengan baik. Dengan TIK juga guru bias menguasai media dalam proses pembelajaran.

 Kelima, Maanfaat TIK juga guru bias menerapkan pembelajaran online dengan menggunakan media berbasis computer serta sebuah jaringan, yang mana materi-materi dalam system pembelajaran online bias diakses melalui jaringan website, intranet, CD-ROM, dan DVD.

Keenam, dengan teknologi informasi dan komunikasi guru dapat memanfaatkan fasilitas yang ada sebagai sumber belajar seperti pemanfaatan media wifi, pemanfaatan media computer. Dengan adanya teknologi informasi dan komunikasi juga memecahkan masalah belajar supaya tidak monoton lagi dan pembelajaranpun akan lebih menarik. Dengan TIK guru akan bias membuat proses belajar mengajar menjadi kreatif.

Ketujuh, melalui teknologi informasi dan komunikasi yang dipakai guru dalam mengajar bias mengenalkan pada peserta didik hal-hal mengenai dunia di luar lingkungan sekitar yang lebih dulu mengalami perkembangan, kemajuan dibanding dengan daerah setempat. Sehingga pengetahuan mereka tidak hanya terbatas pada lingkungan mereka saja. Siswa juga bias menikmati pembelajaran yang sama dengan sekolah-sekolah lainnya, dan secara langsung siswa dapat mengoperasikan media berbasis teknologi informasi dan komunikasi tersebut. Penerapan teknologi informasi dan komunikasi dalam mengajar khususnya sekolah yang terletak di daerah merupakan suatu hal yang harus diterapkan.

    Pemanfaatan TIK melalui internet memudahkan guru dalam berbagi informasi dengan guru lain maupun dengan siswa baik itulewat e-mail atau whatshap, mencari sumber bahan ajar, mencari metode baru dalam hal mengajar.

     Dalam rangka menyesuaikan diri dengan kemajuan IPTEK dan era globalisasi, berbagai upaya telah ditempuh pemerintah untuk mengadakan pembaharuan dan peningkatan mutu pendidikan, yang tercermin dalam berbagai kebijakan. Salah satu kebijakan pemerintah antara lain dalam bentuk pembaharuan atau perubahan kurikulum, yang tentunya menuntut guru dan sekolah untuk lebih aktif dan kreatif mengadakan penyesuaian.

    Dalam menanggapi berbagai kebijakan pemerintah itu, hampir semua sekolah merespon secara positif melalui berbagai tindakan, seperti:

1.      Mengirim guru untuk mengikuti kegiatan pelatihan, penataran, seminar dan workshop                             mengenai TIK.

2.      Mengadakan kegiatan pelatihan dan sosialisasi bagi seluruh guru dengan mendatangkan nara                   sumber.

3.      Melengkapi berbagai sarana dan media yang dapat menunjang kegiatan pembelajaran.

4.      Melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan berbagai strategi dan metode, meskipun                     tidak semua sekolah mampu melaksanakan secara efektif.

5.      Mengadakan studi banding ke sekolah lain yang dipandang lebih maju.

    Namun pada kenyataannya dilapangan masih banyak guru yang yang gagap teknologi dikarenakan mereka beranggapan bahwa pembelajaran tidak perlu menggunakan media TIK selain itu terkadang pihak sekolah mengirim guru yang sudah mahir dalam TIK, sehingga guru yang gaptek tidak mempunyai kesempatan untuk menggali ilmu tentang TIK. Para guru banyak yang terjebak pada metode pembelajaran konvensional. Padahal, kemajuan teknologi seperti internet bisa jadi sumber belajar yang menolong guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Namun masih banyak guru-guru yang gaptek khususnya guru-guru senior.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

INTEGRAL FUNGSI RASIONAL LINIER

  Halo teman-teman setelah kita membahas materi tentang integral parsial, selajutnya pada materi kali ini kita akan membahas tentang Integral Fungsi Rasional Linier . Yang dimana menurut definisi suatu fungsi rasional adalah hasil bagi dua fungsi suku banyak(polinom). Sebagai contoh perhatikan tiga fungsi berikut ini: Sebelum masuk kepmbahasan lebih lanjut ada dua istilahh yang pelu kita pahami terlebih dahulu, yakni fungsi rasional sejati dan fungsi rasional tidak sejati. Fungsi f dan g di atas dinamakan fungsi rasional sejati karena pangkat dari pembilang kurang dari pangkat penyebut. Sebaliknya, fungsi h adalah fungsi rasional tidak sejati karena pangkat pembilang lebih besar dari pangkat penyebut. Fungsi rasional tidak sejati selalu dapat ditulis sebagai jumlah dari fungsi suku banyak dan fungsi rasional sejati. Sebagai contoh perhatikan berikut ini: Hasil di atas kita peroleh dengan melakukan pembagian pembilan oleh penyebut, seperti dapat dilihat pada perhitungan berikut: Ole...

INTEGRAL VOLUME BENDA PUTAR

          Halo teman teman semua kali ini kita akan membahasan materi tentang VOLUME BENDA PUTAR. Volume benda putar disini maksudnya suatu daerah yang dibatasi oleh beberapa kurva kemudian diputar terhadap suatu garis tertentu yang biasanya diputar membakar sumbu  X atau sumbu Y dengan satu putaran penuh yaitu 360 derajat. Berikut ilustrasi volume benda putar menggunakan integral dengan memutar suatu daerah mengelilingi sumbu X seperti gambar berikut ini: Dari gambar ilustrasi diatas, gambar daerah pertama berupa lingkaran diputar mengelilingi sumbu X sehingga terbentuk bangun ruang kerucut, dan gambar daerah kedua berupa setengah lingkaran diputar mengelilingi sumbu X sehingga terbentuk bangun ruang bola. Volume Benda Putar Mengelilingi Sumbu X perhatikan gambar berikut: Contoh Soal! Tentukan volume benda putar yang terjadi jika bidang datar yang dibatasi oleh kurva y = x, sumbu x, dan garis x = a diputar mengelilingi sumbu X sejauh 360 derajat? Pen...

METODE SUBTITUSI

  Halo teman-teman, apa kabar? pada materi kali ini saya ingin mengajak kalian belajar bersama mengenai materi Metode Subtitusi . kali ini, saya ingin menjabarkan pengertian metode subtitusi, proses mengintegralkan fungsi dengan metode subtitusi,dan contoh soal serta pembahasan. Didalam materi ini, kita akan belajar mengenai apa itu integral subtitusi. Sebenarnya integral subtitusi ini digunakan untuk menyelesaikan soal yang taraf kekompleksannya dibawah dari integral persial. Integral sendiri diartikan sebagai objek matematika yang bisa didefinisikan sebagai area atau generalisasi. Integral berkaitan dengan turunan sebagai dasarnya. sayangnya tidak semua soal pengintegralan bisa dikerjakan oleh rumus:   oleh karena itu perlu digunakan integral metode subtitusi. 1. Pengertian Metode Subtitusi     Metode subtitusi merupakan metode penyelesaian integral dengan mengubah bentuk fungsi menjadi lebih sederhana dalam bentuk variabel tertentu yang saling berhubugan dan ditan...