Langsung ke konten utama

VOLUME BENDA PUTAR PART 2

 Metode Kulit Silinder


    Halo teman teman pada pembahasan kali ini kita akan melajutkaan materi volume benda putar, sekarang kita akan membahas masalah volume benda putar pada metode kulit silinder. Supaya lebih paham dengan materi kali ini, silahkan teman teman simak penjelasan dibawah ini!

Metode kulit silinder sebagai alternatif lain dalam perhitungan volume benda putar yang mungkin lebih mudah  diterapkan bila kita bandingkan dengan metode cakram atau metode cincin. Bendda putar yang terjadi dapat dipandang sebagai tabung dengan jari jari kulit luar dan dalamnya berbeda, maka volume yang akan dihitung adalah volume dari kulit tabung. 

Pada tabung dengan jari jari kulit dalam dan kulit luar berturut turut  r1 dan r2, tinggi tabung h. Maka volume kulit tabung adalah:
Bila dengan yang dibatasi oleh y = f(x), y = 0,x = a,x = b diputar mengelilingi sumbu -y, maka kita dapat memandang bahwa jari jari r = x dan segitiga r = segitiga x dan tinggi tabung h = f(x). Oleh karena itu volume benda putar yang terjadi adalah
Misal daerah dibatasi oleh kurva y = f(x), y = g(x), f(x) lebih besar sama dengan g(x), x elemen [a,b], x = a dan x = b diputar mengelilingi sumbu -y. Maka, volume benda putar yang dapat dinyatakan dengan 

Bila daerah dibatasi oleh grafik yang dinyatakan dengan x = f(y), x = 0,y = c,y = d diputar mengelilingi sumbu -x. Maka, volume benda putar yang didapat dinyatakan dengan

Sedang untuk daerah yang dibatasi  olehx = f(y), x = g(y), f(y) lebig besar sama dengan g(y), y elemen  [c,d], y = c dan y = d diputar mengelilingi sumbu -x. Maka, volume benda putar yang didapat dinyatakan dengan


Contoh Soal!

1, Tentukan volume benda putar yang terjadi jika daerah R yang dibatasi oleh 

Jawab:

2, Tentukan volume benda putar yang terjadi jika daerah R yang dibatasi oleh y = x^2, y = 2x mengelilingi sumbu -y

Jawab:

Mencari titik potong:


Jadi, titik potong adalah x = 0 dan x = 2

Jika irisan diputar terhadap sumbu -y akan diperoleh suatu tabung kosong dengan jari jari x dan tinggi tabung 2x - x^2

Sehingga di peroleh:


Sekian penjelasan singkat mengenai volume benda putar bagian metode kulit silinder, semoga yang saya paparkan dapat membanttu teman teman dalam mengerjakan soal soal,

Sampai jumpa dipemaparan materi selanjutnya








Komentar

Postingan populer dari blog ini

GURU SEBAGAI KOMUNIKATOR DAN FASILITATOR

 Rabu, Kata "fasilitator" berasal dari bahasa Inggris dan diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Istilah “fasilitator” menyiratkan bahwa guru juga harus berperan dalam kapasitas ini. Di hadapan siswanya, guru berkembang menjadi jembatan yang kuat. Guru lebih banyak melakukan pembelajaran berbagi, atau apa yang disebut sebagai belajar bersama, dalam peran ini. Ketika seorang guru mengajarkan dasar-dasar suatu mata pelajaran, dia tidak akan mendalami pelajarannya; sebaliknya, dia hanya akan menanyakan informasi kepada murid-muridnya yang dia yakin sudah mereka ketahui. Basis data pengetahuan ini akan bersatu membentuk kumpulan pengetahuan yang luar biasa. Tanggung jawab guru, tugas dan wewenang guru, teknik komunikasi, teknik fasilitator serta Apa yang di maksud guru  sebagai fasilitator. Adapun penjabaranya sebagai berikut. A.   Tanggung Jawab Guru Diantara  tanggung jawab guru adalah menciptakan suasana atau iklim proses pembelajaran yang dapat memotivasi siswa untuk senant

PENGEMBANGAN POTENSI PESERTA DIDIK

  Rabu, Pengertian Potensi     Potensi adalah kemampuan yang masih terkandung dalam diri peserta didik yang diperoleh secara herediter (pembawaan). Menurut Syaodih (2007:159) kecakapan potensial merupakan kecakapan-kecakapan yang masih tersembunyi, masih kuncup belum terwujudkan, dan merupakan kecakapan yang dibawa dari kelahiran. Dengan demikian potensi merupakan modal dan sekaligus batas-batas bagi perkembangan kecakapan nyata atau hasil belajar. Peserta didik yang memiliki potensi yang tinggi memungkinkan memiliki prestasi yang tinggi pula, tapi tidak mungkin prestasinya melebihi potensinya. Melalui proses belajar atau pengaruh lingkungan, maka potensi dapat diwujudkan dalam bentuk prestasi hasil belajar atau kecakapan nyata dalam berbagai aspek kehidupan dan perilaku. Oleh karena potensi merupakan kecakapan yang masih tersembunyi atau yang masih terkandung dalam diri peserta didik, maka guru sebaiknya memiliki kemauan dan kemampuan mengidentifikasi potensi yang dimiliki peserta did

TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI UNTUK PEMBELAJARAN

Selasa,  Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk Pembelajaran dan Pengembangan Diri Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) mencangkup dua hal yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Seperti yang sudah kita bahas di atas, teknologi informasi secara umum yaitu penggunaan sistem perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) dengan menggabungkan komputer dengan jalur komunikasi untuk mengelola dan menyampaikan informasi. Sedangkan teknologi komunikasi adalah suatu hardware atau perangkat keras dalam sebuah struktur yang digunakan untuk pertukaran informasi, tanda, dan data. Teknologi informasi dan komunikasi atau sering disebut dengan kata TIK merupakan segala kegiatan yang berkaitan dengan pemrosesan, pengelolaan, dan penyampaian atau pemindahan informasi antar media. Adapun pengertian teknologi informasi dan komunikasi menurut para ahli yaitu : Menurut Susanto, teknologi informasi dan komunikasi atau TIK adalah sebuah media atau alat bantu yang digunakan