Langsung ke konten utama

INTEGRAL TAK TENTU

 


Halo teman teman, apa kabar? pada materi kali ini saya ingin mengajak kalian belajar bersama mengenai materi Integral tak tentu. Saya ingin menjabarkan pengertian, sifat-sifat, contoh soal dan pembahasannya,, yuk simak artikel ini sampai selesai ya...

Nah, sebelum kita mempelajari materi integral tak tentu, ada baiknya kita mengetahui dulu mengenai kalkulus. Banyak yang bilang kalkulus itu susah untuk di pelajari (memang benar sih saya sendiri merasakannya) memang benar ya? mengapa sih susah di pelajari?

Alasan mengapa kalkulus susah di pelajari?

kalkulus merupakan cabang matematika yang mempelajari perubahan. Salah satu alasan kalkulus susah untuk dipelajari yaitu dalam kehidupan nyata jarang terjadi stagnasi. Namanya kehidupan tidak begitu-gitu saja, pasti ada naik turunnya, contohnya nilai ujian atau IPK. Kadang nilai ujian kita tinggi, dan tidak jarang juga nilai kita turun.

Tapi apa hubungan kalkulus dengan materi integral tak tentu?. Nah, ternyata secara tidak langsung kita sudah mempelajari materi kalkulus di SMA, seperti limit, turunan, dan integral. Materi-materi tersebut mempelajari perubahan, sesuai dengan konsep kalkulus. Sudah tahu kan?, sekarang langsung saja ke pengertian integral tak tentu.

1. Apa itu Integral Tak Tentu?

Integral adalah salah satu konsep yang dipelajari dalam matematika yang membahas operasi invers atau anti turunan diferensial. Integral dinamakan sebagai anti turunan differensial karena bentuk hitungannya adalah kebalikan dari hitungan turungan integral yang berfungsi untuk menentukan daerah, volume, titik pusat, dan lainnya. Kalau suatu fungsi f(x) dibalik menjadi f '(x) maka itu merupakan turunan. Jadi, jika f '(x) dibalik menjadi f(x), maka itu merupakan integral.

kemudian dibawah ini merupakan rumus untuk mencari integral tak tentu, dimana C itu merupakan sembarang konstanta.


atau


keterangan:
  • ʃ = operasi anti turunan atau lambang integral
  • C = suatu konstanta real
  • f(x) = turunan (diferensial) dari f(x) + C

2. Sifat-sifat integral tak tentu

    Pengertian sudah dibahas, rumus juga sudah, kurang lengkap rasanya kalau kita tidak mengenal sifat-sifat dari integral tak tentu. Berikut adalah sifat- sifat integral tak tentu.



ketika kita memahami ketiga sifat di atas, saya yakin kita akan lebih mudah dalam menghadapi integral kedepannya.

3. Contoh soal dan pembahasan integral tak tentu

    misalkan F adalah anti turunan fungsi f pada selang 1, maka:
                         
                        F'(x)=f(x), untuk setiap x pada 1



Adapun contoh soal sifat integral tak tentu:






Bagaimana mudah bukan? intinya dalam mengerjakan soal integral tak tentu kita gunakan rumus berdasarkan sifatnya, kemudian kita masukkan angka-angkanya.

Jadi, itulah penjelasan singkat mengenai materi integral tak tentu semoga kita semua dapat memahami dan mengaplikasikannya dengan baik.

Sampai jumpa di materi berikutnya....







                                     




               










Komentar

Postingan populer dari blog ini

GURU SEBAGAI KOMUNIKATOR DAN FASILITATOR

 Rabu, Kata "fasilitator" berasal dari bahasa Inggris dan diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Istilah “fasilitator” menyiratkan bahwa guru juga harus berperan dalam kapasitas ini. Di hadapan siswanya, guru berkembang menjadi jembatan yang kuat. Guru lebih banyak melakukan pembelajaran berbagi, atau apa yang disebut sebagai belajar bersama, dalam peran ini. Ketika seorang guru mengajarkan dasar-dasar suatu mata pelajaran, dia tidak akan mendalami pelajarannya; sebaliknya, dia hanya akan menanyakan informasi kepada murid-muridnya yang dia yakin sudah mereka ketahui. Basis data pengetahuan ini akan bersatu membentuk kumpulan pengetahuan yang luar biasa. Tanggung jawab guru, tugas dan wewenang guru, teknik komunikasi, teknik fasilitator serta Apa yang di maksud guru  sebagai fasilitator. Adapun penjabaranya sebagai berikut. A.   Tanggung Jawab Guru Diantara  tanggung jawab guru adalah menciptakan suasana atau iklim proses pembelajaran yang dapat memotivasi siswa untuk senant

PENGEMBANGAN POTENSI PESERTA DIDIK

  Rabu, Pengertian Potensi     Potensi adalah kemampuan yang masih terkandung dalam diri peserta didik yang diperoleh secara herediter (pembawaan). Menurut Syaodih (2007:159) kecakapan potensial merupakan kecakapan-kecakapan yang masih tersembunyi, masih kuncup belum terwujudkan, dan merupakan kecakapan yang dibawa dari kelahiran. Dengan demikian potensi merupakan modal dan sekaligus batas-batas bagi perkembangan kecakapan nyata atau hasil belajar. Peserta didik yang memiliki potensi yang tinggi memungkinkan memiliki prestasi yang tinggi pula, tapi tidak mungkin prestasinya melebihi potensinya. Melalui proses belajar atau pengaruh lingkungan, maka potensi dapat diwujudkan dalam bentuk prestasi hasil belajar atau kecakapan nyata dalam berbagai aspek kehidupan dan perilaku. Oleh karena potensi merupakan kecakapan yang masih tersembunyi atau yang masih terkandung dalam diri peserta didik, maka guru sebaiknya memiliki kemauan dan kemampuan mengidentifikasi potensi yang dimiliki peserta did

TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI UNTUK PEMBELAJARAN

Selasa,  Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk Pembelajaran dan Pengembangan Diri Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) mencangkup dua hal yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Seperti yang sudah kita bahas di atas, teknologi informasi secara umum yaitu penggunaan sistem perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) dengan menggabungkan komputer dengan jalur komunikasi untuk mengelola dan menyampaikan informasi. Sedangkan teknologi komunikasi adalah suatu hardware atau perangkat keras dalam sebuah struktur yang digunakan untuk pertukaran informasi, tanda, dan data. Teknologi informasi dan komunikasi atau sering disebut dengan kata TIK merupakan segala kegiatan yang berkaitan dengan pemrosesan, pengelolaan, dan penyampaian atau pemindahan informasi antar media. Adapun pengertian teknologi informasi dan komunikasi menurut para ahli yaitu : Menurut Susanto, teknologi informasi dan komunikasi atau TIK adalah sebuah media atau alat bantu yang digunakan